Selasa, 01 Juli 2014

Simbolisasi 01



­­­Tanya Jawab Seputar Simbolisasi 01

Pertanyaan :

Apakah tasbih perlu terlebih dulu diberkati seorang anggota Sangha?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak perlu. Kegunaan dari tasbih adalah : yang pertama adalah sebagai alat penghitung lafalan Amituofo, praktisi pemula memakai hitungan akan sangat bagus, dapat memusatkan perhatian. Pada saat permulaan melafal Amituofo, hitungan jangan dipatok terlalu banyak jumlahnya, karena kalau tidak selesai dilafal maka akan timbul kerisauan, tidak selesai dilafal hendak disisakan untuk keesokan harinya, kemudian semakin menumpuk semakin banyak, dan akhirnya anda tidak ingin melafal lagi, maka itu jangan mematok jumlah yang terlalu banyak, tetapi harus melafal jumlah patokan dengan baik, ini sangat penting.

Kegunaan kedua adalah terhadap praktisi senior, hatinya sudah begitu suci, sangat terfokus, ketrampilan melafal Amituofo juga sudah bagus, maka tasbih yang dikenakan di tangan atau dikalungkan di leher, maknanya adalah untuk mengingatkan diri sendiri setiap kali melihat tasbih maka segera teringat untuk melafal Amituofo.

Jadi tasbih memiliki dua kegunaan ini, sama sekali tidak berkaitan dengan ada diberkati atau tidak.



問:請問佛珠需要師父加持嗎?

答:不需要。佛珠的作用有兩種:第一是念佛計數,初學的人用計數非常好,能夠攝心。開始念佛的時候,數不要定得太多,否則念不完會生煩惱,念不完想明天再補,結果愈累積愈多,到最後你就不念了,所以不要定得太多,但是一定要把定數念完,這一點很重要。第二是對老修行的人,他的心已經很清淨、很定,念佛功夫不錯了,念珠掛在手上或者脖子上,用意在提醒自己看到珠子就想到佛號,想到阿彌陀佛。念佛珠有這兩種作用,與加持不加持完全不相干。21-090-0088