Jumat, 27 Juni 2014

Kebaktian Pagi Dan Sore 01



­­­Tanya Jawab Seputar Kebaktian Pagi Dan Sore 01

Pertanyaan :

Jika hendak mengikuti upacara-upacara kebaktian di luar, kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari, hal ini akan mengakibatkan jadwal kebaktian harianku menjadi terkendala, apakah hal ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Boleh. Anda mengikuti kebaktian pelafalan Amituofo, ini juga adalah kebaktian harian anda. Kita mengikuti kegiatan di luar, tak peduli di vihara manapun, haruslah menuruti peraturan di vihara tersebut; jika tidak mematuhinya maka anda telah membuat kekacauan.

Contohnya, vihara ini adalah vihara pelafalan Amituofo, tetapi anda datang ke vihara tersebut melakukan meditasi Dhyana, ini adalah mengacaukan vihara orang lain. Jika anda adalah seorang praktisi Dhyana, sampai di vihara pelafalan Amituofo, maka harus mengikuti kebaktian pelafalan Amituofo, ini barulah benar, bersukacita pada jasa kebajikan yang ditimbun insan lain.

Buddha Dharma mengatakan : “Andaikata ingin Buddha Dharma berjaya, maka hal ini akan terwujud apabila anggota Sangha saling memuji”. Saling memberi pujian dan jangan saling membuat kekacauan.

Demikian juga apabila praktisi pelafal Amituofo, juga harus melakukan meditasi apabila sampai di vihara aliran Dhyana, jangan sampai membuat kekacauan di vihara orang lain.

Ketika vihara aliran lain mengundang kami berceramah, maka kami akan memuji aliran yang dianutnya, memuji viharanya, memuji anggota Sangha mereka, pengikut mereka, sehingga keyakinan mereka bertambah.

Jangan sampai malah mengatakan : “Sekarang adalah masa berakhirnya Dharma, praktisi Dhyana takkan berhasil, lebih baik melafal Amituofo saja”. Insan lain sudah melatih Dhyana selama beberapa puluh tahun, bagaimana anda bisa mengacaukan vihara orang lain?

Maka itu, masuk ke vihara orang lain, harus tahu menuruti jalinan jodoh, ini adalah tata krama utama dalam Pintu Ajaran Buddha.



問:外出參加法會、佛七,日常功課不能完成,請問可以嗎?

答:可以的。你到念佛堂來念佛,這就是你的定課。我們出去參學,無論到哪個道場,一定要隨順道場;不隨順,你就把道場破壞了。譬如,這是念佛道場,你到這裡來打坐參禪,這是破壞別人的道場。你是修禪,到念佛堂來就照樣念佛,這是正確的,隨喜功德,無量無邊。

  佛法說:「若要佛法興,唯有僧讚僧。」彼此互相讚歎,決不能互相破壞。念佛人到禪宗道場,也一定在禪堂裡打坐參禪,絕不破壞別人的道場。他請我們去講開示,我們一定要讚歎宗門,讚歎道場,讚歎他們的法師,讚歎同學,使他們的信心增長。而不能說:「現在末法時期,參禪不能成就,還是念佛好。」別人已經參禪幾十年,你豈能破壞別人的道場?所以,進入別人的道場,一定要懂得隨緣,這是佛門的規矩。21-090-0051