Rabu, 14 Mei 2014

Masalah Terbesar 05



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 05

Pertanyaan :

Ada seorang Buddha hidup mengatakan : “Seorang praktisi tak peduli seberapa besar pencapaiannya, setelah wafat dan dikremasi, ternyata tidak ada sarira nya, maka praktisi ini tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati”.

Mohon ceramah guru.

Master Chin Kung Menjawab :

Ucapan Buddha hidup tidak lebih sakti daripada perkataan Buddha mati, Buddha Sakyamuni adalah Buddha mati, saya sendiri lebih yakin pada Buddha Sakyamuni. Kita harus yakin bahwa pada saat sebelum memasuki Parinirvana, Buddha Sakyamuni mewariskan ajaran pada para siswaNya, yakni “mengandalkan Dharma dan bukan pada orangnya”, Dharma adalah buku sutra, yang diandalkan Aliran Sukhavati adalah tiga sutra Ajaran Sukhavati, ini adalah yang paling dasar.

Di dalam tiga sutra Ajaran Sukhavati tidak ada dikatakan bahwa, setelah seorang praktisi wafat, setelah dikremasi ternyata tidak ada sarira berarti tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Meskipun Buddha sendiri yang datang mengucapkannya, kita juga tidak boleh mengandalkanNya. Di dalam salah satu buah pena Master Shan Dao, beliau berkata bahwa:”Jika Arahat atau Bodhisattva datang berceramah pada kita, andaikata yang Mereka katakan tidak sama dengan sutra Buddha, maka kita tidak boleh mendengarkannya”.  

Andaikata yang datang itu adalah Buddha, tentunya semua ajaran para Buddha adalah sama, jika ada Buddha yang membabarkan Dharma berbeda dengan Buddha Sakyamuni, maka ini adalah Buddha palsu, bukan Buddha tulen, semua Buddha asli tentu akan membabarkan Dharma yang sama isinya. Maka itu, asalkan ucapan yang bertentangan dengan isi sutra, tidak boleh diterima sama sekali, apalagi didengar.


問:一位活佛說:「學佛人不管成就多高,死後火化沒有舍利子,還是不能往生。」請開示。

答:活佛說話沒有死佛靈,釋迦牟尼佛是死佛,我還是相信釋迦牟尼佛。我們要相信佛入滅前留給後世弟子「依法不依人」的教導,法是經典,淨土宗依靠的是淨土三經,這是最基本的。淨土三經並沒有說,人死了之後,火化沒有舍利子就不能往生。即使是佛來講,我們也不能依靠他。善導大師在《觀無量壽佛經四帖疏》講得很好:「阿羅漢來跟我們說,或是菩薩來跟我們說,若講的與佛經不一樣,我們統統不能聽從。」若是佛來了,一定是佛佛道同,如果這個佛講的跟那個佛不一樣,這是假佛,不是真佛,真佛決定是相同的。所以,只要跟經典上講的相違背,決定不能接受、聽從。21-090-0076