Senin, 12 Mei 2014

Kehidupan 49



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 49

Pertanyaan :

Suamiku orangnya amat pemarah, suka berjudi, tubuhnya juga berpenyakit, hidup bersamanya masa depan hanya kelam, sangat ingin bercerai saja. Tetapi guru bilang bercerai itu ada dosanya, jadi bagaimana seharusnya agar dia kembali ke jalan yang benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Membantunya kembali ke jalan yang benar adalah hal yang tepat, Bodhisattva bermaitri karuna menyelamatkan seluruh makhluk, terlebih dulu menyelamatkan anggota keluarganya sendiri, andaikata keluarga sendiri saja tidak sanggup diselamatkan, bagaimana mungkin bisa menyelamatkan orang lain?

Tidak sanggup menyelamatkan anggota keluarga karena orang di luar tidak mudah menemukan tabiat jelekmu, tetapi keluargamu memahami kelebihan dan kekuranganmu, kelemahanmu lebih banyak daripada keunggulanmu, mereka takkan takluk padamu. Maka itu dengan cara kembali ke akarnya, diri sendiri harus lebih serius melatihnya.

Melatih diri tidak membawa hasil, alasannya adalah karena tidak melatih diri dari dasarnya, landasannya adalah ajaran budi pekerti para insan suci dan bijak, andaikata kita sendiri tidak memiliki etika moral, maka melafal Amituofo takkan berhasil.

Praktisi jaman dulu menjadikan Di Zi Gui sebagai dasar untuk melatih diri, bukannya menyuruh anda menghapalnya, tetapi meminta anda agar bisa mengamalkannya, setiap kata dan kalimat berhasil diterapkan, barulah dapat mewujudkan  dua butir pertama dari Tiga Berkah Karma Suci yakni “berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan senior”.

Kemudian mempelajari lagi Sepuluh Kebajikan, yakni “berhati maitri tidak membunuh, melatih sepuluh kebajikan”. Dengan demikian masalah rumahtangga dengan sendirinya dapat anda selesaikan, belajar Ajaran Buddha juga dapat menggenggam kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati.


問: 我的先生脾氣很壞、喜歡賭博,身體又有病,跟他生活在一起真的前途一片黑暗,很想跟他離婚。可是師父說離婚有罪,所以不知該如何才能讓他回頭?

答:讓他回頭是正確的,菩薩慈悲度眾生,先度家人,自己家人都度不了,你怎麼能度別人?無法度家人是因為外面人不容易看到你的毛病,但你家裡人明白你的優點、缺點,你的缺點比優點多,他不會服你。所以歸根結柢自己要認真修行。修行不能夠有成就,原因是沒有從根本修,根本就是聖賢的道德教育,若是自己個人沒有德行,念佛也不能有成就。故學佛基礎一定要從《弟子規》做起,不是叫你背,是教你做到,字字句句都落實了,才有淨業三福的前面兩句「孝養父母,奉事師長」。然後再學《十善業道》,就是「慈心不殺,修十善業」。這樣你的家庭問題就能自己解決了,學佛也會有把握往生了。21-274-0001