Sabtu, 31 Mei 2014

Belajar Berceramah 12



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 12

Pertanyaan :

Para siswa di kelas bimbingan ceramah, setiap orang memiliki satu atau dua kali kesempatan untuk memberi ceramah di “Vihara Hutan Bambu”. Karena kesempatan yang diberikan tidak cukup, maka bahasan ceramahnya hanya diambil sebagian kecil saja dari “Sutra Usia Tanpa Batas”, dikutip keluar untuk menjadi pokok bahasan, apakah ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Bagi penceramah pemula, ketika diundang memberi ceramah Dharma, boleh mengutip satu bagian dari isi sutra. Tetapi saat memilih bagian mana yang hendak dikutip, terlebih dulu harus mengamati kemampuan penyerapan dari para pendengar, seharusnya mempertimbangkan topik apa yang dibutuhkan oleh para pendengar.

Kita boleh tidak mengutipnya dari “Sutra Usia Tanpa Batas”, “Tiga Berkah Karma Suci” yang ada di dalam “Amitayurdhyana Sutra”, juga sangat bagus, terhadap penceramah pemula sungguh penting, dan bagian depan dari “Buddhabhasita Dasabhadra Karmamarga Sutra”, menceramahkannya satu atau dua jam juga sangat bagus. Kesimpulannya, menceramahkannya semakin mudah dan sederhana semakin bagus, agar para pendengar benar-benar mendapatkan manfaat.

Masa kini umat Buddha sungguh kasihan, tidak memahami Buddha Dharma, andaikata memiliki kemampuan untuk menceramahkan “Mengenal Ajaran Buddha”, menurutku ini adalah cara paling ideal untuk menuntun para praktisi pemula. Pertama kali bertemu dengan para pendengar ceramah, harus membimbing mereka agar mengenal Ajaran Buddha, mengungkapkan isi Ajaran Buddha dengan jelas, jangan sampai orang lain jadi takhayul.

Banyak kutipan-kutipan yang bagus, bahkan juga kutipan di dalam Avatamsaka Sutra, jika cocok juga boleh diceramahkan. Ini adalah panggung kecil jadi tidak masalah. Kecuali jika ada orang yang mengharuskan anda menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, maka anda harus menceramahkannya secara lengkap dari awal sampai akhir; jika tidak ada ketentuan, maka anda boleh memilih topiknya sendiri.


問:培訓班的同學們,每個人都有一、兩次的機會到「竹林寺」講經。因為次數不多,只從《無量壽經》取一小部分,特別提出來做專題講經,請問是否如法?

答:對初學的人,別人請他講開示、講佛法,可以在經典裡面取一段講。但是取經文一定要觀機,應以現前聽眾的需求為考量。我們也可以不從《無量壽經》選,《觀經》的「淨業三福」很好,對初學太重要了,而《十善業道經》前面一段,講一小時、兩小時也很好。總而言之,講得愈淺愈好,一定要聽眾真正得利益。

  現在聽眾學佛很可憐,不知道什麼是佛法,如果你有能力講「認識佛教」,我覺得這是接引初機最理想的。與大家第一次見面,要讓人認識佛教,把佛教的內容講清楚,不要叫人迷信。類似這些小教材很多,甚至於《華嚴經》裡的小段,若合適也都可以取材。這是小場合沒有關係。如果有人指定請你講《無量壽經》,你就要從頭到尾講一遍;沒有指定,你可以自己選擇。21-090-0077