Jumat, 11 Juli 2014

Sila 12



­­­Tanya Jawab Seputar Sila 12

Pertanyaan :

Ketika mengikuti kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari, kami tidak makan setelah lewat tengah hari, namun saya merasa lapar sekali sehingga tidak memiliki tenaga untuk melafal Amituofo. Apakah setelah makan berarti saya telah melakukan pelanggaran sila?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak melanggar sila, pada saat dibutuhkan boleh saja ada pengecualian. Ketika baru mulai belajar Ajaran Buddha, saya juga tidak makan setelah lewat tengah hari, dan menjalaninya selama bertahun-tahun. Namun setelah meninggalkan keduniawian dan pergi mengambil sila, saya melakukan pengecualian, malam hari saya makan. Mengapa demikian? Karena selama periode pengambilan sila itu sangat menderita, beban kerja yang sangat besar, malam hari harus melakukan namaskara, pertobatan, takutnya tidak ada tenaga, makanya selama sebulan masa pengambilan sila, setiap malam saya makan.

Banyak orang yang biasanya tidak menjalankan Uposatha, ketika menjalani masa pengambilan sila, karena gengsi maka sengaja menjalankan Uposatha, akhirnya dua, tiga hari kemudian tidak tahan lagi. Maka itu, harus tahu mengukur kemampuan tubuh sendiri, membandingkannya dengan waktu dan beban pelatihan diri yang akan dihadapi, untuk meraih keberhasilan dalam melatih diri harus memiliki tubuh yang sehat.

Seorang praktisi hendaknya menaati satu prinsip yakni “tidak lapar juga tidak kenyang”, jika terlalu lapar bagaimana bisa melafal Amituofo; sebaliknya jika terlalu kenyang maka akan menimbulkan rasa ngantuk, ini juga tidak boleh. Jika merasa lapar makanlah sedikit makanan, tidak boleh terlalu kenyang. Seorang praktisi sejati makan setengah kenyang saja. Harus menjaga keseimbangan tidak lapar juga tidak kenyang, ini adalah pengalaman para guru sesepuh selama beribu-ribu tahun lamanya.



問:佛七期間,守六齋日,不吃就餓得發慌,沒力氣念佛。請問如果吃了東西是否犯戒?

答:不犯戒,在必要的時候,可以暫時開緣。我在初學佛時就持午,晚上不吃,持了很多年。我去受戒時就開緣,晚上要吃。為什麼?受戒很辛苦,工作量很大,晚上要拜佛、拜懺,怕沒有體力,所以我受戒的那一個月,每天晚上都吃。有很多人平常沒有持午,到受戒時裝模作樣,搞了兩、三天,體力不支了。所以,一定要衡量自己的體力,和現前修學的時間、分量,必須要有好的體力才能修行有成就。

  禪堂裡一天有八、九餐,不只吃三餐。我們的念佛堂,念佛日夜不間斷,夜晚也有點心,二十四小時供應。修行人要守一個原則-不飢不飽。餓了會發慌,念佛念不下去;飽了就昏沈想睡覺,都不行。覺得自己餓了,就吃一點點心,決定不能吃飽。真正用功的人吃五分飽,七分都不行。保持不飢不飽,這是古人幾千年的經驗。21-080-0001