Kamis, 22 Mei 2014

Vegetarian 03



­­­Tanya Jawab Seputar Vegetarian 03

Pertanyaan :

Ketika menasehati insan lain agar bervegetarian, saya tidak berani menyinggung tentang Ajaran Buddha, takut dikatakan takhayul dan tak sudi mendengar lagi, sepertinya ada sedikit tidak setia.

Master Chin Kung Menjawab :

Anda tidak perlu merisaukan hal ini, menasehati insan non Buddhis untuk bervegetarian harus dimulai dari faktor higienis. Di dalam sepotong daging mengandung banyak bakteri penyakit, jika sering dikonsumsi dapat menimbulkan banyak penyakit aneh-aneh, saat kini virus penyakit begitu banyak, penyakit berasal dari apa yang kita masukkan ke dalam mulut, makanan dan minuman harus benar-benar dicermati, tidak boleh tidak mawas diri.

Dengan mengkonsumsi makanan veggie sudah dapat memenuhi kebutuhan gizi kita, 90 persen energi tubuh habis dipakai oleh khayalan. Sesungguhnya untuk kebutuhan gizi kita tak memerlukan makanan begitu banyak, sedikit saja sudah dapat mempertahankan kesehatan jiwa raga kita, dengan cara demikian anda jadi mudah menasehatinya.

Jangan menyinggung tentang Hukum Karma, karena ini akan menimbulkan pertentangan, dia takkan sudi menerimanya; kemukakan saja tentang kesehatan, semua orang berharap bisa sehat dan panjang umur.



問:勸人素食時不敢說信佛教,怕人說迷信不肯聽,這樣有點不忠實。

答:你不需要顧慮這些,勸不信佛的人吃素要從衛生方面去講。肉食裡的病菌太多,常吃這個東西會生很多奇奇怪怪的病,現在病毒這麼多,病從口入,飲食不能不小心,不能不謹慎。素食營養足夠了,身體能量確實百分之九十以上消耗在妄念。實際上養生不需要那麼多,很少東西就能維持身心健康,你這樣勸導就容易。不要講因果報應,一講他馬上起反感,不會接受;講身體健康,誰都希望健康長壽。21-269-0001