Jumat, 09 Mei 2014

Kehidupan 24



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 24

Pertanyaan :

Agar tidak merusak suasana, maka menemani teman pergi berjudi, apakah ini melangggar sila? Berharap bisa menang loterei agar bisa berdana membantu perkembangan Buddha Dharma, apakah ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Demi menjaga hubungan pertemanan, anda pergi berjudi, ini sungguh salah. Orang bijak jaman dulu selalu mengajari kita agar jangan menempatkan Buddha Dharma dengan hubungan antar manusia. Kecuali anda memiliki kesanggupan untuk mempengaruhi semua rekan-rekan judimu agar mereka juga bisa turut belajar Ajaran Buddha, ini adalah upaya kausalya, merupakan keberhasilan pertama mu, maka ini diperbolehkan.

Sebaliknya jika anda tidak berhasil menyelamatkannya, maka tidak boleh menuruti ajakannya; kecuali bila anda mampu menyelamatkannya, maka boleh ikuti ajakannya. Ini adalah salah satu dari “Dharma Empat Penuntun (Catvari samgraha-vastuni)“ yakni “minat yang sama”.  Yang dicemaskan adalah bila anda tidak sanggup menyelamatkannya, malah diselamatkan olehnya, ini sudah celaka, maka itu sebaiknya jangan menemani teman melakukan hal ini.

Berharap menang loterei untuk membantu perkembangan Buddha Dharma, ini adalah khayalan, perkembangan Buddha Dharma dengan sendirinya ada Buddha dan Bodhisattva datang memberkati. Melafal Amituofo berharap dapat mencapai kondisi batin “pikiran terfokus tak tergoyahkan”, jika di dalamnya ada tercampur bentuk pikiran sedemikian, ketrampilan melatih dirimu takkan bisa berhasil. Kita memiliki keyakinan dan tekad, dengan sendirinya Buddha dan Bodhisattva akan datang memberkati.

Maka itu, vihara kami adalah didirikan oleh Buddha dan Bodhisattva, kami tidak keluar menggalang dana, juga tidak berharap menang loterei untuk membangun vihara. Dengan hati yang suci akan mendatangkan mujizat, asalkan kita menggunakan hati yang tulus, seperti kata pepatah “ketulusan mendatangkan mujizat”.




問:為了不掃興,而陪朋友去賭博,請問是否犯戒?希望中六合彩為佛教事業捐款,是否如法?

答:為了人情去賭博,確實是錯誤。古德常教我們,不把佛事當人情。你要是有能力把這些賭博的朋友,統統轉過來學佛,這是你的善巧方便,是你度眾生的一套本事,這可以。若你度不了他,就決定不隨緣;能夠度得了,可以隨緣,這是四攝法裡的「同事攝」。怕的是你度不了他,反而被他度了,這就壞了,所以最好不陪朋友做這些事情。

  希望中六合彩來幫助佛教,這是妄想,佛教的事業自然有佛菩薩加持。念佛希求功夫成片、一心不亂,有這個妄想夾雜其中,你的功夫不能成就。我們有信心、願心,佛菩薩自然加持。所以,我們的道場是佛菩薩建立的,我們沒有向外化緣,也沒有希望中六合彩來建道場。而清淨心自然有感應,只要我們用真誠心,所謂「誠則靈」。20-14-0328