Sabtu, 24 Mei 2014

Tata Cara 08



­­­Tanya Jawab Seputar Tata Cara 08

Pertanyaan :

Apakah “Upacara kebaktian pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”, hanya boleh dilakukan di vihara? Andaikata kelompok Zhu Nian (kelompok yang membantu orang lain melafal Amituofo) kami memiliki sebuah vihara, apakah kami juga boleh mengadakan upacara ini di vihara?

Master Chin Kung Menjawab :

Boleh, sesungguhnya ini boleh dilakukan di rumah, karena yang paling penting dari “Upacara kebaktian pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”, adalah dilakukan saat pasien menjelang ajal, boleh mengundang anggota Sangha ke rumah, harus melakukannya di hadapan pasien.

Biasanya upacara kebaktian diadakan untuk melimpahkan jasa kepada para makhluk yang sudah meninggal dunia, sedangkan “Upacara kebaktian pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”, dapat memberi manfaat baik bagi yang sudah wafat maupun yang masih hidup, yang terpenting adalah pemimpin kebaktian telah mencapai tingkatan samadhi, manfaat demikian sungguh luar biasa.


問:請問三時繫念法事是否一定要在寺廟道場做?如我們念佛小組有個念佛道場,是否能在念佛道場做三時繫念法事?

答:可以,實在講一般家庭裡面都可以做,因為三時繫念法事主要是在病人臨終的時候做,可以請法師到家裡,一定要在病人面前來做。平常做法事是超度幽冥眾生,這個法事是冥陽兩利的,最重要的是主持這個法務的人,或者是參與的同修,都能夠隨文入觀,這樣利益就非常殊勝。21-271-0001