Minggu, 11 Mei 2014

Kehidupan 36



Tanya Jawab Seputar Kehidupan 36

Pertanyaan :

Ayahku suka memelihara burung merpati, setelah saya belajar Ajaran Buddha, merasa bahwa memelihara burung merpati tidaklah baik. Bagaimana caranya untuk menyadarkan ayah agar beliau jangan lagi memelihara burung merpati?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika anda baik-baik melatih diri, dengan mengandalkan hati maitri karuna mu, keyakinan hati, dengan sendirinya akan dapat menggugah ayahmu. Mulailah dari menyayangi makhluk hidup kecil, takkan pernah melukai mereka, bahkan dapat menolong makhluk hidup kecil ini, melakukannya dengan bersungguh-sungguh untuk dilihat ayahanda, ditambah memohon pemberkatan dari Buddha dan Bodhisattva.

Selain itu, banyak buku yang mengajarkan kebajikan dan Hukum Karma, baik dari Ajaran Buddha, Ajaran Konfucius maupun Ajaran Tao, boleh diperlihatkan pada ayahmu, sering membacakan untuknya. Sosok ayah adalah sebagai senior, anda mungkin tidak enak hati mengatakannya langsung, andaikata ada seorang teman, maka anda boleh menyampaikan pada temanmu, ayahmu yang berada di samping juga ikut mendengarnya, perlahan akan menggugahnya, dia jadi sadar, ini adalah upaya kausalya.   


問: 父親喜歡養鴿子(信鴿),弟子學佛後,覺得養鴿子不妥。請問應該用何種方法才能讓父親同意不養鴿子?

答:你認真好好的修學,靠你的慈悲心、信心,自然能感動父親。從學習愛護小動物開始,決定不傷害小動物,而且能救護小動物,認真的做給你父親看,再求佛菩薩加持。另外,儒釋道三家有許多勸善、因果的書籍,可以給他看,常常講給他聽。他是長輩,你不好當面講,如果有朋友在,可以講給朋友聽,他在旁邊聽,慢慢也會感動、覺悟,這是善巧方便。21-247-0001