Selasa, 27 Mei 2014

Sebab Akibat 06



­­­Tanya Jawab Seputar Sebab Akibat 06

Pertanyaan :

Ada orang yang menasehati praktisi Dhyana : “Melatih pintu Dharma Sukhavati lebih cepat berhasil, mengapa tidak melatih metode Aliran Sukhavati saja?” Bukankah ucapan ini telah menciptakan karma buruk menfitnah Triratna?

Master Chin Kung Menjawab :

Tergantung kondisi pada saat kejadian, belum tentu hal ini adalah menfitnah Triratna. Jika perkataan ini diucapkan terhadap satu orang saja, ini tidak masalah; namun jika ucapan ini dilontarkan di vihara aliran Dhyana, maka ini tidak diperbolehkan.

Jika diucapkan kepada satu orang saja, memahami bahwa praktisi ini selama melatih Dhyana tidak memperoleh kemajuan batin, maka itu menasehatinya melatih Ajaran Sukhavati, ini sungguh tepat. Namun sebaliknya jika mengamati praktisi ini selama melatih Dhyana memperoleh kemajuan batin, maka kita harus membangkitkan sukacita dan memberi pujian, tidak seharusnya malah menasehatinya melatih Ajaran Sukhavati.

“Semua pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah”, tetapi yang harus diamati adalah akar kebijaksanaan masing-masing praktisi. Maka itu, ini tidak termasuk menfitnah Triratna, karena bukan diucapkan di dalam vihara aliran Dhyana.



問:有人勸修禪的同修:「修淨土念佛法門比較快成就,為什麼不修淨土?」請問是否造了毀謗三寶罪?

答:這要看當時的情形,不見得是毀謗三寶。如果是對一個人講,這個沒有問題;如果是對禪宗道場講,那是不可以的。對一個人講,知道這個人學禪不能成就,勸他學淨土,這是正確的。如果觀察這個學禪的人有成就,看他決定能成功,我們要歡喜讚歎,不應該勸他修淨土。「法門平等,無有高下」,但還是要觀察對方的根機。所以,這不算毀謗三寶,因為不是在禪宗道場講的。21-090-0068