Jumat, 09 Mei 2014

Kehidupan 23



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 23

Pertanyaan :

Guru pernah bilang bahwa “Segala yang diterima sekarang adalah hasil   perbuatan di masa kehidupan yang lampau”, makanya saya tidak melekat pada harta benda, uang hasil jerih payahku selain digunakan untuk membiayai keluarga, maka sisanya untuk berdana dan mengikuti upacara-upacara kebaktian, maka itu tidak menabung.

Saya memiliki dua anak yang masih kecil, jika begini terus maka tidak ada simpanan untuk hari kelak, apakah dengan demikian tindakanku ini benar? Atau lebih baik saya tidak berdana, dan menabung untuk masa depan anak dan keperluan mendadak?

Master Chin Kung Menjawab :

Berdana harus sesuai dengan kemampuan yang ada. Kemudian pikirkan juga keperluan keluarga, barulah sisa uangnya digunakan untuk berdana dan membantu orang lain yang memerlukan, ini baru benar. Jika anda sama sekali tidak memikirkan kepentingan keluarga, seluruh pendapatan didanakan, anda akan menemukan kesulitan, ini bukan yang diajarkan Buddha, tetapi adalah kepercayaan takhayul-mu, salah menafsirkan makna Ajaran Buddha.

 Contohnya anda dapat menggunakan sepersepuluh dari penghasilan anda untuk berdana, inilah yang disebut berdana sesuai dengan kemampuan yang ada, dengan sukacita dan hati yang tulus untuk melakukannya, bukannya seluruhnya didanakan.

Dana materi dapat dibagi dua jenis, yakni dana materi luar dan dalam, dana materi dalam ini tidak memerlukan uang. Dana materi dalam adalah menjadi relawan vihara, dengan menggunakan tenaga, kemampuan dan kebijaksanaan, untuk bersumbangsih pada keluarga, sahabat, vihara dan sebagainya, jasa kebajikan ini lebih besar daripada dana materi luar.  Semua orang dapat mengamalkan dana materi dalam, makanya setiap menyinggung soal dana, pikiran kalian jangan diarahkan melulu ke uang saja, cakupan ini terlalu sempit dan kecil.

Masih ada Dharma Dana, anda membantu orang lain menyelesaikan masalah, atau diri sendiri memberi teladan sebagai seorang siswa Buddha sehingga dapat mempengaruhi orang lain ikut belajar Ajaran Buddha, jasa kebajikan ini melampaui dana materi. Buddha mengatakan bahwa diantara semua jenis dana, Dharma dana merupakan yang terunggul.

Maka itu baik-baiklah belajar dan mengamalkannya, sehingga orang lain yang melihatnya dapat tergugah, ini juga adalah berdana, bahkan ini adalah dana yang sempurna, dapat menghasilkan jasa kebajikan nan sempurna.


問: 師父說過「一飲一啄,莫非前定」,所以我不把金錢看得重,我賺的錢除了家用,也會布施及參加法會,所以也沒有積蓄。但我有兩個小孩要養,如果這樣繼續下去會沒有存錢,這樣對嗎?還是我應該不要布施,存錢以後給小孩教育金及急需之用?

答:布施時你自己一定要量力而為。在考慮家庭最低生活的需要後,有多餘的錢才可以修布施幫助別人,這是正確的。如果你完全不考慮自己家庭生活,全都布施掉了,你就會遭遇困難,那不是佛教你的,那是你自己的迷信,自己把佛的意思錯解了。例如你可以用收入的十分之一去布施,就是量力而為,以歡喜、誠懇心去做,不是叫你完全布施。

布施有兩種,外財布施,內財布施,有些布施不需要花錢。內財布施是做義工,用我的體力、能力、智慧來布施家人、朋友、道場等,比外財布施功德還要大。內財布施是人人都可以修的,所以說起布施大家不要都想到錢上去,那個範圍太窄小了。

  還有法布施,你幫助他解決問題,或是自己做一個學佛人的好樣子而影響他人學佛,這個功德又超過財布施,佛在經上講一切布施中法布施為最。所以好好的學,好好的做,讓人看到能感動,這樣也是布施,而且是圓滿的布施,能成就圓滿的功德。21-274-0001