Senin, 12 Mei 2014

Kehidupan 47



Tanya Jawab Seputar Kehidupan 47

Pertanyaan :

Saya memiliki seorang adik perempuan yang sudah berusia 29 tahun, tidak menikah, jika pekerjaannya tidak cocok maka tidak sudi bekerja lagi. Setiap hari tidur sampai pukul 11 atau 12 siang, jika memberi ceramah padanya, dia pasti bilang sudah tahu, tetapi tidak bisa mengubah kebiasaan ini. Sudah sepuluh tahun saya membiayai nafkah hidupnya, dengan mendukungnya terus, apakah saya berdosa atau tidak?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini bukan masalah berdosa atau tidak, ini karena hutangmu padanya, setelah hutang lunas, dia takkan mencarimu lagi. Maka itu ada empat jalinan jodoh di dalam sebuah keluarga yakni : balas budi, balas dendam, tagih hutang, bayar hutang, tanpa keempat hubungan ini tidak mungkin bisa jadi satu keluarga. Praktisi yang belajar Ajaran Buddha harus begitu jelas, hatinya harus begitu suci, begitu melihat keadaan sudah langsung dapat mengenalinya, yang balas dendam adalah setiap hari bertengkar, tidak pernah ada wajah ramah, yang bayar hutang adalah bersusah payah cari nafkah untuk menghidupinya, seperti keadaanmu adalah adik perempuanmu datang menagih hutang, maka anda harus melunasi padanya.

Anda harus selalu memberikan teladan yang baik pada dirinya, membantu dirinya agar tercerahkan, membantunya agar dia kembali ke jalan yang benar, ini memerlukan waktu yang panjang, harus memiliki kesabaran. Saat kini jodohnya masih belum masak, anda harus lebih serius membantunya, keadaan begini ada yang memerlukan belasan tahun, melebihi 20 tahun, hingga melampaui 30 tahun barulah dia bisa kembali ke jalan yang benar, maka itu anda harus lebih memiliki kesabaran.


問: 弟子有個妹妹二十九歲,沒有結婚,做工不理想就不做。每天睡到中午十一、二點,同她講做人的道理,她說知道了,可是改不了。十年、八年都要我給她提供住宿,請問我再幫助她是有罪還是無罪?

答:這不是有罪、無罪,這些都是你欠她的,還完了她就不找你了。所以一個家庭四種緣:報恩、報怨、討債、還債,如果沒有這些關係不可能變成一家人。學佛的人要很清楚,心地很清淨,一看情形就曉得報怨是天天吵架,沒有好臉色,還債是賺錢供養你,像你這種情形就是妹妹向你討債,你得還債給她。你要常常做很好的榜樣給她看,幫助她覺悟,幫助她回頭,這需要很長的時間,要很有耐心。她現在的緣還不成熟,你還要更認真努力去幫助她,有的情況需要十幾年、二十幾年、三十幾年才回頭,所以你要很有耐心。21-268-0001