Senin, 12 Mei 2014

Kehidupan 50



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 50

Pertanyaan :

Setelah mendengar ceramah dari guru, makanya saya berdana menurut kemampuan yang ada, namun kadang kala juga merasa risau, misalnya memberi uang berobat kepada orang lain, tetapi dia malah tidak pergi berobat, membantu orang lain agar melatih diri, tapi tidak tampak satupun praktisi yang serius, malah kadang kala ditipu, saya menganggapnya sebagai pelunasan hutang.

Saya merasa diri sendiri tidak memiliki kebijaksanaan, bagaimana jika berdana hanya ditujukan untuk mencetak buku sutra, DVD ceramah, rupang Buddha, melepaskan satwa ke alam bebas saja, apakah ini benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak memiliki kebijaksanaan maka harus belajar bijaksana, anggaplah menerima kerugian sebagai melunasi uang sekolah, setiap kali menerima kerugian maka didalamnya anda telah belajar banyak hal. Setelah pernah ditipu maka anda akan mengetahui bahwa di dunia ini bagaimana cara orang lain melakukan penipuan, setelah mengetahuinya maka kebijaksanaan anda terbuka, sehingga melunasi uang sekolah juga pantas, jangan menaruh hal ini di dalam hati. Kesimpulannya, menggunakan hati yang baik, ucapan baik, tindakan baik, menjadi orang baik, ini sangat penting.


問: 聽了老法師的教誨,所以我隨緣布施,但有時候也不由得起煩惱,譬如給人家治病錢,沒用作治病,幫人家修行又看不到真修行人,有時候也受騙,我當還債想。我覺得自己沒有智慧,只以印經、光盤、佛像、放生為主,可以嗎?

答:沒有智慧要學智慧,吃虧上當是繳學費,吃一次虧你在裡面學了不少東西。被人騙過,你就知道這個世間有哪些騙人的方式、手段,知道就開智慧,所以學費繳了也值得,不要把這個放在心上。總而言之,存好心,說好話,行好事,做好人,這個重要。21-268-0001