Senin, 19 Mei 2014

Kesehatan 20




­­­Tanya Jawab Seputar Kesehatan 20

Pertanyaan :

Murid mengikuti keluarga pulang ke Kunming menjenguk sanak saudara, pada kurun waktu ini, saya menginap di rumah seorang anggota Sangha, selama lima hari. Saya satu kamar dengan muridnya, setiap malam sekitar pukul empat hingga lima pernafasanku dihisap olehnya, sejak itu dadaku terasa sakit, sangat lelah, semangat semakin sulit terfokus, apa sebabnya?

Master Chin Kung Menjawab :

Keadaan seperti ini saya pernah mendengar dari cerita orang lain, sepertinya ada sejenis manusia yang bisa menghisap nafas orang lain, disebut dengan istilah “Xi Yang”. Di dunia ini banyak sekali hal yang aneh-aneh, meminjam kesempatan ini untuk mengingatkan praktisi sekalian, dalam pergaulan harus sangat berhati-hati, harus tahu mengamati ucapan dan mimik wajah. Ketika anda merasa bahwa orang itu tidak terlalu beres, maka bersikap hormat dan segera menjauhinya, usahakan tidak mendekatinya, begini sudah bagus.

Bersamaan itu pula pelatihan diri sendiri amatlah penting, andaikata hatimu suci dan bermaitri karuna, maka cara yang dia gunakan kepada diri anda takkan efektif. Apabila ilmu sesat ini bisa efektif digunakan pada dirimu, ini menunjukkan diri sendiri memiliki titik kelemahan. Andaikata diri sendiri memiliki etika dan moralitas, maka sesat tidak bisa memenangi kebenaran, hati suci, setara, tulus, tak peduli berada di mana saja juga bisa melindungi diri sendiri, juga yang paling aman, situasi yang paling sehat.

Anggota Sangha tidak boleh memiliki pikiran sesat, seorang praktisi Ajaran Buddha tidak boleh memiliki niat pikiran untuk mengambil keuntungan dari orang lain, memiliki niat pikiran sedemikian adalah melanggar sila pencurian. Kita juga tidak boleh memiliki niat pikiran yang menyakiti insan lain, niat pikiran yang melukai orang lain termasuk melanggar sila pembunuhan. Harus menghapus niat jahat yang ada di dalam hati, menjadi seorang yang suci dan benar, barulah merupakan kehidupan manusia yang paling bahagia dan indah sempurna.

Anda bertemu dengan kejadian ini, sekarang dadamu terasa sakit, sering kelelahan, lafallah nama Bodhisattva Avalokitesvara, memohon Buddha dan Bodhisattva memberkati, memulihkan kesehatanmu.


問: 弟子隨家人回昆明探親期間,在一個法師家中留宿五天。我和法師及其徒弟被安排在同一個房間,每晚大約四點至五點鐘左右弟子被法師吸氣,自此之後心口痛,很疲倦,精神一直不集中,請問這是什麼原因?

答:這種事情我也聽人說過,好像有一種人能吸別人的氣,被稱為「吸陽」。世間奇奇怪怪的事情很多,藉此提醒,我們與人交往要很留意,要懂得察言觀色。有些人你覺得有點不太對勁的時候,要對他敬而遠之,盡量少接近,這樣最好。同時自己身心修養很重要,如果你心地清淨慈悲,他這些方法對你就沒有效果。倘若這些邪術對我們產生效果,就是自己有弱點。自己真有些德行的話,就邪不勝正,心地清淨、平等、真誠,無論在哪個地方都能保護自己,也是最安全、最健康的狀態。

  出家人不能有邪念,學佛的人決定不能有佔別人便宜的念頭,有這個念頭是盜心,盜戒決定不能犯。我們也不能有傷害人的念頭,傷害人的念頭屬於殺生。要從內心清除惡念,做個清淨、正直的人,才是最幸福、最美滿的人生。你遇到這些事情,現在心口痛,常常疲倦,念觀世音菩薩,求佛菩薩加持,恢復你的健康。21-269-0001