Rabu, 14 Mei 2014

Masalah Terbesar 06



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 06

Pertanyaan :

Master Shan Dao adalah guru sesepuh Aliran Sukhavati, bahkan merupakan jelmaan Buddha Amitabha, tetapi mengapa saat menjelang ajalnya, beliau bunuh diri dengan melompat dari atas pohon, apakah ini merupakan sebuah petunjuk?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini hanya legenda, apakah benar atau palsu, sangat sulit dibuktikan. Ada orang yang menyiarkan kabar burung ini, tetapi ada juga yang membantah teori ini, menyimpulkan bahwa teori ini salah. Terhadap hal ini, saya sama sekali tidak pernah mengkajinya, tetapi karena anda memang berminat, maka anda boleh mempelajari dengan seksama buah pena Master Shan Dao, dan buku yang berjudul “Riwayat Anggota Sangha Senior”, di dalamnya terdapat riwayat Master Shan Dao, kemudian juga mengumpulkan materi-materi terkait lainnya, coba baca bagaimana riwayat terakhir dari Master Shan Dao, barulah anda boleh mengatakannya pada orang lain, sebelum mengetahui kebenaran dan sembarangan menyebarluaskan, bukanlah sebuah hal yang baik.


問:善導大師是淨土宗的祖師,且又是彌陀再來示現的,請問為何臨終時從樹上跳下自殺往生,是否有何提示?

答:這件事情是個傳說,到底是真的還是假的,很難證實。有人這種說法,但是也有人不承認這種說法,認為這是錯誤的。這個事情我也沒有研究,你既然有這個興趣,希望你仔細看看善導大師的著述及《高僧傳》的善導大師傳記,再蒐集其他的參考資料,看看善導大師是如何往生的,你再詳實告訴大家,也未嘗不是一件好事情。21-090-0078