Selasa, 20 Mei 2014

Media Penyebaran 03



­­­Tanya Jawab Seputar Media Penyebaran Dharma 03

Pertanyaan :

Ketika menyebarluaskan rupang Buddha, buku sutra, ada penerima yang setelah memperolehnya menaruhnya sembarangan, merusak buku sutra, bagaimana sebaiknya?

Master Chin Kung Menjawab :

Karma ditanggung oleh pelakunya sendiri, meskipun dia meletakkan buku Dharma di sembarangan tempat, merusak buku sutra dan rupang Buddha, namun dia sudah terselamatkan, seperti kata sesepuh “Sekali terdengar oleh telinga, selamanya menjadi benih KeBuddhaan”, begitu melewati telinga maka selamanya menjadi benih vajra.

Tetapi karma buruknya merusak rupang Buddha dan buku sutra juga harus menanggung akibatnya, setelah usai menjalani hukuman, benih KeBuddhaan yang ada di dalam Alayavijnana-nya akan muncul ke permukaan, karena itu dapat terselamatkan.

Kita tidak perlu menyalahkannya, jika masih mau menerima maka nasehatilah, jika tidak mau mendengar nasehat kita, maka biarkanlah, jangan sampai menambah kebenciannya, kita senantiasa memperlakukan mereka dengan wajah dan ucapan yang ramah tamah.
  


問:流通佛像、經書時,有些人得到後隨便處置、撕毀經書,請問該怎麼辦?

答:這是各人因果各人負責,縱然他隨便放,撕毀經書、撕毀佛像,他也得度了,所謂「一歷耳根,永為道種」,一歷眼根也永為道種。但是他撕毀佛像、經書的罪業,他要受報,罪報受滿之後,他阿賴耶識裡的佛種子會起現行,因而得度。我們不必去責怪他,能勸導他就勸,不能勸就隨他,千萬不可加深他的怨恨,我們總是和顏愛語來對待他們。21-090-0086