Minggu, 25 Mei 2014

Meninggalkan Keduniawian 04



­­­Tanya Jawab Seputar Meninggalkan Keduniawian 04

Pertanyaan :

Saya sangat berharap dapat diterima jadi murid guru, sehingga saya dapat memasuki anggota Sangha dan melatih diri, menyebarkan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk.

Master Chin Kung Menjawab :

Niat anda cukup bagus, tetapi sepanjang hidupku saya tidak menerima murid, tidak ada pengecualian. Pada masa dulu, para anggota Sangha yang berada di Perpustakaan Hua Zang Taiwan, mereka semuanya menjadi anggota Sangha mengikuti Pengurus Han, ini adalah jalinan jodoh istimewa. Setelah Pengurus Han wafat dan Perpustakaan Hua Zang diambil alih, kami meninggalkan Taiwan, dan tidak melakukan penabhisan lagi.

Andaikata anda ingin meninggalkan keduniawian, anda berniat menjadi anggota Sangha, di vihara manapun juga boleh, seperti kata sesepuh “guru menuntun masuk ke pintu, melatih diri tergantung pada diri masing-masing”. Tetapi saya dapat memberi nasehat padamu, jika benar-benar ingin menjadi Bhiksu dan menyebarluaskan Dharma memberi manfaat bagi para makhluk, seharusnya sebagai umat awam terlebih dulu mempelajari Ajaran Buddha, maka rintangan akan lebih sedikit, setelah menjadi anggota Sangha dapat menjadi penceramah. Ini adalah jalan yang pernah saya tempuh, bisa menjadi bahan pertimbangan buat dirimu.

Ketika saya mempelajari Ajaran Buddha, guruku yang pertama adalah Master Zhang Jia, saya mengikutinya selama tiga tahun. Setelah beliau wafat, saya mengikuti Upasaka Li Bing-nan belajar ajaran sutra. Setelah menguasai ajaran sutra, sanggup berceramah di atas pentas, barulah saya memasuki Sangha. Maka itu begitu menjadi anggota Sangha, langsung menjadi staf pengajar di Kampus Agama Buddha, juga memenuhi undangan untuk berceramah.

Oleh karena setelah menjadi Bhiksu, di vihara tempat diriku ditabhiskan, agak sulit untuk memperoleh kesempatan belajar berceramah. Anda masih memiliki banyak rekan sesama anggota Sangha lainnya, mereka tidak memiliki ketrampilan berceramah, dan anda malah bisa pula, maka itu mana mungkin orang lain bisa menerima dirimu, sehingga dimanapun anda akan menemui hambatan, pada saat begini bagaimana mengatasinya?

Maka itu terlebih dulu harus menguasai ketrampilan berceramah sebelum memutuskan untuk meninggalkan keduniawian, hal ini dapat diwujudkan.


問:學生非常希望得到師父的接受,讓學生能出家修行,弘法利生?

答:你的願心不錯,但是我這一生都沒有收出家弟子,這個例子不能開。以往在台灣「景美華藏圖書館」的出家人,都是跟韓館長出家的,那是一個特殊的因緣。韓館長往生之後,圖書館結束了,我們也離開台灣,就再也沒有剃度了。你要發願出家,任何道場都可以,所謂「師父領進門,修行在個人」。但是我勸你,如果真正想出家弘法利生,應當先以在家身分學教,先把佛經教理學好,障礙就比較少,出家之後就教學、講經。這是我自己走的路子,提供給你參考。

  我學佛時,第一位老師是章嘉大師,我跟他三年。他老人家往生之後,我跟李炳南老居士學經教。我是把經教學會了,能上台講經之後才出家的。所以,我一出家就在佛學院擔任教課,也接受人家邀請去外面講經。因為出家之後,在寺院裡面想學講經比較困難。你還有很多師兄弟,那些師兄弟都不會講經,你會講經,人家不能容納你,不能接受你,你就處處遇到障礙,這時你怎麼辦?所以,先把這個本事學會再出家,這是行得通的。21-157-0002