Rabu, 14 Mei 2014

Masalah Terbesar 04



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 04

Pertanyaan :

Bagaimana tata cara dalam pengambilan sarira (relik)?

Master Chin Kung Menjawab :

Dalam mengambil sarira tidak ada tata caranya, yang penting adalah hati yang penuh hormat. Pengelompokkan sarira juga tidak ada ketetapannya, sarira ada yang terbentuk dari tulang atau daging, ada juga dari darah, ada juga yang terbentuk dari rambut, bentuk tampilan dan warnanya juga tidak sama, ini tidak sulit dijumpai, boleh sering dilihat.

Yang paling penting, kita harus memahami bagaimana terbentuknya sarira itu? Mengapa bisa ada? Master Zhang Jia memberitahu kita, sarira dan kesucian hati ada kaitannya, yang juga ada hubungannya dengan kekuatan samadhi. Jika hati kacau, pasti takkan ada sarira; hati yang suci, memiliki ketrampilan samadhi, maka akan ada sarira.

Jumlah sarira dan warnanya tidaklah tetap, tergantung pada tingkatan ketrampilan melatih diri. Meninggalkan sarira, atau meninggalkan tubuh yang awet, bukanlah bukti dari keberhasilan melatih diri, hanya bisa dikatakan pelatihan dirinya telah trampil. Bersamaan itu pula sarira dan kekuatan tekad ada kaitannya, banyak praktisi yang berhasil, tidak ingin meninggalkan sarira, juga tidak ingin meninggalkan tubuh yang awet, ini memiliki kaitan yang besar dengan kekuatan tekad.

Sebagian praktisi meninggalkan sarira adalah untuk diberikan kepada generasi selanjutnya sebagai kenangan, juga sebagai motivasi bagi para praktisi lainnya.


問:請問收舍利的儀式應該如何?

答:收舍利沒有一定的儀式,最重要的是恭敬心。舍利分布情形也不一定,舍利有骨頭結成的、肉結成的、血液結成的,也有毛髮結成的,它的形狀、色彩都不同,這個不難見到,可以多看看。

最重要的,我們要了解舍利是如何形成?為何會有?章嘉大師告訴我們,舍利與清淨心有關,也就是與定功有關。心地散亂,決定不可能有舍利;心地清淨、有禪定功夫,就可能有舍利。

  舍利的多少、顏色不定,要看功夫的淺深。留舍利、留肉身都不能證明修行有成就,只能說修行有功夫。同時舍利與願力有關,許多真正修行有成之人,他不想留舍利,也不想留肉身,這與願力有很大的關係。一般留舍利無非是給後人做紀念,亦是給學佛同修一種鼓勵作用。21-090-0038