Senin, 26 Mei 2014

Sebab Akibat 01



­­­Tanya Jawab Seputar Sebab Akibat 01

Pertanyaan :

Cucuku kuliah di bidang penelitian makhluk hidup, seringkali memelihara tikus untuk dijadikan bahan percobaan, dia tidak memiliki keyakinan agama. Setiap bulan dia memberiku 50 Yuan, saya mendanakannya untuk pelimpahan jasa kebajikan buat dirinya, apakah tindakanku ini benar adanya?

Master Chin Kung Menjawab :

Bagus sekali! Setiap bulan anda menggunakan 50 Yuan untuk melepaskan satwa ke alam bebas memupuk jasa kebajikan buat cucumu, ini tindakan yang bagus, dia sekarang masih belum menyadari bahwa karma pembunuhan amatlah berat, sebaiknya jangan berkarir di bidang sedemikian.

Akibat karma pembunuhan, terutama menggugurkan kandungan, lebih berat dibandingkan apapun, aborsi adalah membunuh manusia, saling membalas dalam roda  samsara, masalah yang sangat besar. Mengapa anak ini dapat lahir ke dalam keluargamu? Karena memiliki hubungan sebab akibat dengan keluargamu.

Di dalam sutra, Buddha membabarkan ada empat hubungan, yakni : balas budi, balas dendam, tagih hutang, melunasi hutang, jika tidak ada hubungan ini maka dia takkan datang. Bila dia datang untuk balas budi, anda malah membunuhnya, kelahiran berikutnya telah menjalin permusuhan; andaikata datang untuk balas dendam, anda membunuhnya, maka permusuhan akan semakin mendalam.

Maka itu aborsi tidak boleh dilakukan, praktisi Ajaran Buddha tidak boleh tidak memahami hal ini.


問:我的孫子學生物研究,常常養小老鼠來做實驗,他沒有信仰。每月他給我五十元,我都為他做功德,請問這樣可以嗎?

答:很好!你每月把這五十元為他放生做功德最好,他現在不曉得殺生的業很重,最好不要從事於這個事業。

  殺生裡面,尤其是墮胎的罪過比什麼都重,墮胎是殺人,冤冤相報,麻煩可大了。這個小孩為什麼會到你家來?跟你家都有因果關係。佛在經上講有四種關係:報恩、報怨、討債、還債,沒有這個關係他不會來。如果他是來報恩的,你把他殺了,下一生就結冤仇了;如果是來報仇的,你把他殺了,仇恨就更深了。所以,決定不可以墮胎,這是學佛人不能不知道的。21-090-0010