Minggu, 08 Juni 2014

Menyebarkan Dharma 05



­­­Tanya Jawab Seputar Menyebarkan Dharma 05

Pertanyaan :

Yang mana lebih penting, menyebarkan Dharma atau urusan terlahir ke Alam Sukhavati?

Master Chin Kung Menjawab :

Dua-duanya juga penting, menyebarkan Dharma adalah meneruskan karir Buddha, membantu mewujudkan masyarakat yang harmonis, mempromosikan dunia yang penuh dengan keharmonisan, maka itu menyebarkan Dharma merupakan pekerjaan yang mulia.

Sedangkan urusan terlahir ke Alam Sukhavati bagi seorang praktisi tentunya sangat penting sekali, kesempatan ini sungguh sulit diperoleh. Meskipun pintu Dharma itu sangat banyak, tetapi pintu Dharma lainnya harus mengandalkan kekuatan sendiri untuk mencapai hasil, ini merupakan hal yang amat sulit, dalam satu kehidupan ini tidak mudah bisa berhasil.

Di dalam semua pintu Dharma, hanya metode pelafalan Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati yang merupakan yang paling praktis dan paling mudah, asalkan dapat membangkitkan keyakinan dan tekad maka dapat dipastikan bisa berhasil. Maka itu sesepuh berkata, pintu Dharma pelafalan Amituofo adalah puluhan ribu insan yang melatihnya maka puluhan ribu terlahir ke Alam Sukhavati.

Kita bertemu dengan pintu Dharma pelafalan Amituofo, maka pada kehidupan ini dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Terlahir ke Alam Sukhavati adalah belajar di sana, bukan menikmati kesenangan, bukan lari dari tanggungjawab, tetapi ke sana adalah untuk menyempurnakan kebijaksanaan dan kemampuan kebajikan.

Setelah berhasil, maka kembali lagi ke enam alam tumimbal lahir untuk menyelamatkan makhluk lainnya. Karena setelah memiliki kebijaksanaan dan kemampuan, barulah sanggup melakukan pekerjaan menyebarkan Dharma dengan berhasil dan sempurna, maka itu dua-duanya sangat penting.



問:請問弘法與往生孰為重要?

答:兩者都重要,弘法能續佛慧命,幫助社會和諧,促進世界和平,所以弘法是一個大慈悲的工作。而往生對於學佛的同修而言當然重要,這個機會非常不容易遇到。佛法修學的法門雖然多,但是任何法門都要靠自己的力量去斷惑證真,這是一件非常困難的事,在一生中相當不容易成就。在所有法門裡,唯有念佛往生是最方便、最容易的,只要能信、發願,可以說決定能成功。因此,古人說,念佛法門是萬修萬人去。

  我們遇到淨土法門,這一生就能往生淨土。往生是到西方極樂世界去求學,不是去享福,不是逃避責任,而是到那裡成就自己的智慧德能。成就之後,所謂是倒駕慈航,再回到六道來普度眾生。因為有智慧、能力才能把弘法工作做得圓滿成功,所以兩者都非常重要。24-007-0002