Jumat, 11 Juli 2014

Sila 08



­­­Tanya Jawab Seputar Sila 08

Pertanyaan :

Saya sudah menerima Visudhi Trisarana dan Lima Sila di vihara lain sebelumnya, apakah boleh kalau sekarang mengulangi lagi mengambil Visudhi Trisarana dan Lima Sila di kantor yayasan?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak perlu begitu. Namun pengambilan Visudhi Trisarana dan Lima Sila oleh diri anda adalah palsu adanya, bukanlah nyata, hanya sebuah formalitas saja, anda tidak mengamalkannya. Berlindung pada Buddha, Buddha adalah tercerahkan dan tidak jatuh ke dalam kebimbangan, sedangkan anda sekarang masih bimbang dan terbalik dari fakta, satu butir ini anda tidak mengamalkannya; Berlindung pada Dharma; Dharma adalah benar dan tidak sesat, sekarang anda masih memiliki pengetahuan dan pikiran sesat, anda tidak berlindung pada Dharma; Berlindung pada Sangha, Sangha adalah suci tak ternoda, sedangkan pikiran anda saat kini masih ternoda, tidak suci.

Tiga butir ini tidak anda amalkan, maka itu disebut palsu dan bukan nyata, anda hendak mengambil Trisarana di kantor yayasan juga adalah palsu, juga bukan nyata adanya. Lima Sila juga tidak anda amalkan, butir mana yang telah anda amalkan? Tak peduli di vihara manapun anda pernah menerima Visudhi Trisarana dan Lima Sila, di tempat kami ini ada DVD ceramah, buku saku, bawalah pulang dan perbanyak menyaksikannya dan belajar, ini baru betul.

Yang terpenting adalah saya harus belajar Trisarana dan Lima Sila. Sudah beberapa kali saya katakan, alasannya mengapa Trisarana dan Lima Sila tidak mampu kita jalankan? Karena tidak ada dasar Di Zi Gui. Jika ada Di Zi Gui sebagai landasannya, maka baik Trisarana maupun Lima Sila akan mudah dijalankan. Orang jaman dulu mudah berhasil, karena sejak kecil telah memperoleh pendidikan budi pekerti. Jaman sekarang praktisi sulit berhasil, ini karena dasar kita yakni pendidikan budi pekerti telah terabaikan, tidak pernah mengecap pendidikan sedemikian, dalam melakukan apa saja terasa susah. Maka itu harus mulai lagi dari awal, harus mulai dari belajar “Di Zi Gui”.


問:已經在其他寺院受了三皈五戒,請問可否在本協會再做皈依、受五戒的儀式?

答:沒這個必要。但是你的三皈五戒是假的,不是真的,只有形式,你沒有做到實質。三皈你沒有做到。皈依佛,佛是覺而不迷,你現在還迷惑顛倒,這一條你沒做到;法是正而不邪,你現在還有邪知邪念,你沒有皈依法;僧是淨而不染,你現在的心還有染污,不清淨。三條都沒做到,所以是假的,不是真的,你在這個地方皈依也是假的,也不是真的。五戒你也沒做到,你哪一條做到了?

  不管你在哪個寺院受過三皈五戒,我們這個地方有講解的光碟、小冊子,回去多看、多學習,這就對了。最重要的是我要學三皈依,我要學五戒。我說過很多次,三皈五戒做不到是什麼原因?沒有《弟子規》的基礎。如果有《弟子規》的基礎,三皈五戒就很容易做到。古時候的人容易成就,他從小受過教養。現在的人很難成就,就是我們的基礎教育疏忽了,沒有接受到這個教育,幹什麼都困難。所以還是要從頭學起,一定要從《弟子規》學起。21-289-0001