Jumat, 30 Mei 2014

Belajar Berceramah 07



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 07

Pertanyaan :

Guru, anda selalu menyinggung tentang kelas kajian selama sembilan tahun, maka itu saya datang lebih awal ke kampus Pure Land Learning College untuk belajar berceramah, kapankah guru akan memulai kelas baru?

Master Chin Kung Menjawab :

Mata kuliah kita ada di internet, ada di satelit, anda harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya. Alasan mengapa tidak dapat belajar dengan baik adalah berkaitan dengan pemikiran dan tindakan diri sendiri, dengan mempelajari Di Zi Gui maka dapat mengatasi kedua hal tersebut.

Cara berpikir dan tindakan yang baik dalam belajar, terletak pada dua kata yakni ketulusan dan rasa hormat; jika anda memperlakukan orang lain, mengatasi permasalahan, terhadap makhluk hidup lainnya, tidak punya rasa hormat, maka takkan berhasil.

Tekad pertama dari “Pelaksanaan Tekad Bodhisattva Samantabhadra” adalah “Bernamaskara Kepada Para Buddha”, yakni penerapan dari dua kata ketulusan dan rasa hormat. Mereka yang belajar pada Bodhisattva Samantabhadra adalah para Bodhisattva Dharmakaya, maka itu ketulusan dan rasa hormat yang dimiliki oleh Bodhisattva Dharmakaya masih belum sempurna, setelah mencapai KeBuddhaan, barulah ketulusan dan rasa hormat menjadi sempurna, dapat dilihat betapa pentingnya dua kata ini, kondisi batinnya mendalam dan luas tiada batas, jangan meremehkannya.

Jika dapat mengamalkan Di Zi Gui, barulah dapat dikatakan memiliki dasar dari ketulusan dan rasa hormat.


問:師父常常提到九年研教班,我特此前來學院學習講經,請問師父何時開課?

答:我們的課程都在網路,都在衛星上,你要一門深入。學不好的原因就是和自己的學習心態、行為有關係,學好《弟子規》就可以具備這兩樣。良好的學習心態,有良好的學習行為,就是在於誠、敬兩個字;若你對人、對事、對物沒有尊敬,就不能成就。
普賢行願的第一願,就是「禮敬諸佛」,也就是誠敬二字的落實。普賢菩薩教學的對象是法身菩薩,故法身菩薩的誠敬還是不足,到了成佛才是誠敬圓滿,可見這二字無比重要,其境界深廣無邊,不要看輕了。若能將《弟子規》做到,才算是有了誠敬的真正基礎。21-255-0001