Rabu, 11 Juni 2014

Pendidikan 02



­­­Tanya Jawab Seputar Pendidikan 02

Pertanyaan :

Bagaimana caranya mengajari anak kecil belajar Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Anak kecil belajar Buddha Dharma dimulai dari membaca sutra, waktu dulu di Amerika saya pernah menganjurkan agar anak-anak diajak untuk menghafal “Sutra Usia Tanpa Batas”. Anak-anak membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” ada empat manfaat yakni : yang pertama, takkan melupakan Bahasa Mandarin; yang kedua adalah mengenal aksara mandarin, sejak kecil membantunya menguatkan landasan, yang ketiga adalah dia dapat mempelajari tulisan Tiongkok Klasik; yang keempat adalah dia telah belajar Ajaran Buddha.

Maka itu mengajari anak-anak membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, memperoleh empat manfaat sekaligus, tidak boleh meremehkannya. Setiap hari memotivasinya menghapal sutra, harus menghapal hingga lancar, maka dia takkan melupakannya, manfaat yang akan diperoleh tiada habisnya. Setelah dewasa kelak dia akan berterimakasih atas budi kebajikan dan didikan dari ayahbunda.

Satu keluarga mencari waktu luang untuk membaca sutra bersama-sama, mendengar ceramah, orang dewasa menemani anak-anaknya, setiap hari tak terputus. Selesai mendengar ceramah lalu berdiskusi, menjelaskan, ini barulah benar-benar mendidik putra putri, benar-benar menyayangi dan melindungi anak-anaknya.


問:請問如何教小孩學佛?

答:小朋友學佛從讀經開始,我過去在美國勸導大家教小孩背誦《無量壽經》。小朋友讀《無量壽經》有四種好處︰第一,不會忘記中國的語言;第二,認識中國文字,從小幫他奠定根基;第三,他學習到中國的文言文;第四,他學佛了。所以,教小朋友念《無量壽經》,一舉四得,不能忽視。天天督促他背誦,一定要背得很熟,他一生都不會忘記,受用無盡。到他長大之後,會感激父母教誨的恩德。一家人每天找一個時間來讀經、聽經,大人跟小朋友一起,天天不間斷。聽完之後再討論、講解,這是真正教導兒女,真正愛護兒女。20-014-0102