Minggu, 11 Mei 2014

Kehidupan 44



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 44

Pertanyaan :

Saya selalu menggunakan uang yang diberikan suami untuk berdana, setelah mengetahuinya dia jadi sangat tidak senang, guru, apa yang harus kulakukan selanjutnya?

Master Chin Kung Menjawab :

Harus menjelaskan kepada suamimu tentang jasa kebajikan dari berdana, sehingga dia juga dapat membangkitkan sukacita ikut berdana, begini sudah benar. Saat dia tidak waspada, untuk sementara anda berdana tidak perlu diketahuinya, daripada rumahtangga jadi ada perselisihan, jika keluarga tak harmonis kita juga berdosa.

Di dalam sutra, Buddha telah membabarkan banyak sekali jasa kebajikan dari berdana, kekayaan bukanlah hasil keuntungan, namun memang sudah ada di dalam garis hidup. Di dalam “Empat Ajaran Liao-Fan” juga dikupas tentang kebenaran dan kenyataan dari Hukum Karma, manusia di dunia ini tidak memahami kebenaran ini, sehingga menyebabkan kekacauan di masyarakat. Benar-benar memahami Hukum Karma, hatimu akan teguh, maka akan mengerti kata pepatah “Kehidupan sudah digariskan, sama sekali tidak ada kaitannya dengan orang lain”.

Kekayaan yang ada dalam garis hidupmu adalah berasal dari dana materi (Amisa Dana) yang anda lakukan pada masa lampau, dana materi adalah sebab, memperoleh kekayaan adalah akibatnya; Dharma Dana adalah sebab, akibatnya adalah kepintaran dan kebijaksanaan; Abhaya Dana adalah sebab, akibatnya adalah sehat dan panjang umur.

Harus terpikir tiga macam buah akibat ini, harus memupuk benih sebab terlebih dulu baru bisa, para konglomerat saat kini adalah karena pada masa kehidupan lampaunya menimbun Amisa Dana (dana materi), sedangkan kita sendiri pada masa kelahiran lampau tidak memupuk Amisa Dana, maka itu pada kehidupan kini melewati hari-hari dengan serba kekurangan, andaikata anda dapat memahami kebenaran ini, sekarang baru mulai memupuknya juga masih sempat.

Tuan Liao-Fan telah memberi contoh teladan kepada kita, Master Yun Gu menjelaskan kebenaran ini padanya, kemudian setiap hari dia melakukan kebajikan dengan bersungguh-sungguh. Pertama-tama bertekad menyelesaikan tiga ribu kebajikan, tiga jenis dana terpenuhi di dalamnya, sepuluh tahun baru berhasil diselesaikan, tetapi buah akibatnya baru ada pada tahun ketiga, tahun keempat tampil nyata.

Setelah tiga ribu kebajikan ini sempurna, kemudian dia bertekad lagi untuk melakukan tiga ribu kebajikan lagi, meminta dikaruniai seorang putra, istrinya menemaninya memupuk kebajikan bersama-sama, empat tahun kemudian baru berhasil menyelesaikannya, kemajuan yang diperoleh sungguh pesat. Ternyata benar memperoleh seorang putra, ini semula tidak ada dalam garis hidupnya.

Kemudian menjadi hakim di Kabupaten Baodi, bertekad menyelesaikan sepuluh ribu kebajikan, sekali melakukan pemotongan pajak, petani se-kabupaten memperoleh manfaat, maka itu satu jasa kebajikan telah melampaui sepuluh ribu kebajikan, ini yang disebut dengan “di dalam kantor pemerintahan mudah untuk memupuk kebajikan”. Usianya bertambah 20 tahun, ini adalah hasil dari perbuatannya di masa hidupnya yang sekarang.

Anda harus memahami kebenaran ini, ingin memiliki harta kekayaan, maka harus tekun memupuk  Amisa Dana (dana materi), makin berdana makin banyak, ini nyata adanya. Jika ingin pintar dan bijak maka pupuklah Dharma Dana, apa yang diketahui dengan sukacita mengajari orang lain. Ingin memperoleh kesehatan dan usia panjang maka timbunlah Abhaya Dana (menghilangkan rasa takut pada makhluk lain), yang paling penting adalah bervegetarian, tidak menjalin jodoh buruk dengan makhluk lain, takkan melukai semua makhluk.

Jika anda dapat membangkitkan niat melakukannya, tiga buah akibat yang sangat luar biasa ini dapat anda peroleh. Sepanjang hidupku menuruti ajaran guru, tiga jenis buah akibat ini telah kuperoleh, semua ini dilatih pada kehidupan yang sekarang, kehidupan yang lampau tidak melatihnya, maka itu anda harus percaya dan melakukannya dengan serius.



問: 我常常將先生給我的錢財拿去布施,他知道了很不高興。請問師父,以後我應該怎麼做?

答:要把布施功德對你先生講清楚、講明白,讓他生歡喜心,也發心布施,這就對了。他不懂的時候,你布施暫時不要讓他知道,免得起家庭糾紛,家庭不和我們就有罪過。佛在經上講了很多布施的功德,財不是賺來的,是命裡有的。《了凡四訓》也是講因果的理論與事實,世間人不懂這個道理,所以造成整個社會的動亂。真正懂得因果,你心是定的,就明白古人常講的「萬般皆是命,半點不由人」。

命裡的財是你過去生中所修的財布施,財布施是因,得財富是果報;法布施是因,果報是聰明智慧;無畏布施是因,果報是健康長壽。要想這三種果報,要修因才行,現前這些富貴人,都是過去生中修財布施的,我們自己過去生中沒有修,現在過的生活貧賤,你要是懂得這個道理,現在修來得及。了凡先生就給我們做榜樣,雲谷禪師把這個道理講給他聽,他真天天幹好事。首先就發願做三千樁好事,三種布施都具足,十年才完成,但是果報在第三年、第四年就現前。這三千樁好事圓滿後,又發願再修三千樁好事,求兒子,他太太和他一起修,四年完成,進步就很快速。果然得了個兒子,是原來命裡沒有的。

  以後做寶坻知縣,發心做一萬樁好事,一次減租全縣的農民都得利益,所以一個功德就超過一萬樁好事,這是所謂公門裡面好修善。他延壽二十年,都是這一生當中修來的。你懂得這個道理,想擁有財富,就認真修財布施,愈施愈多,這是真的。想擁有聰明智慧,修法布施,知道的東西很歡喜的告訴別人。想擁有健康長壽修無畏布施,最重要的是不食眾生肉,不與眾生結冤仇,絕不傷害一切眾生。你能真正發心修,這三種殊勝果報你都會得到。我這一生當中依照老師的教誨,這三種果報都得到,都是這一生當中修來的,過去生中沒有,所以你要相信、要真幹。21-267-0001