Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 09



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 09

Pertanyaan :

Saya memiliki seorang putri, karena sering bertengkar dengan istriku dalam kurun waktu yang sudah lama, akhirnya memutuskan untuk berpisah, dan tahun depan sudah boleh mengurus surat perceraian. Mulanya saya berharap kami berdua dapat menenangkan diri dan menyatu kembali, tetapi masih saja tetap bertengkar, sehingga perasaan pun jadi hambar antara satu sama lainnya, dan segera akan bercerai. Anak putri kami masih kecil, perceraian ini sungguh saya sesalkan, namun tabiatku dengan istriku sungguh jauh berbeda, apakah kami masih dapat tinggal bersama lagi untuk jangka waktu panjang?

Master Chin Kung Menjawab :

Pepatah dulu mengatakan : “Jalinan jodoh suami istri ada yang baik dan ada yang buruk, saling memusuhi dan saling membalas; putra dan putri adalah hutang piutang, ada yang datang menagih hutang, ada yang datang melunasi hutang, tanpa hutang piutang takkan datang”.  

Hari ini di dalam masyarakat sudah tidak ada etika dan moral lagi, maka itu kita melihat banyak rumahtangga yang tidak bahagia. Upasaka Li Bing-nan mengucapkan sebuah kalimat : “Di dunia ini segalanya adalah palsu, tidak pantas didambakan, hanya melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati”.

Semoga anda dapat membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, memohon agar Buddha dan Bodhisattva membantu dirimu, sesungguhnya diri kita tidaklah berdaya.


問:弟子育有一女,因與妻長期爭吵,最後簽定分居,在明年即可申請離婚。原想可在雙方冷靜後恢復關係,但還是不時爭吵,以至於二人感情冷淡,而馬上要離婚。女兒尚小,離婚實非弟子所願,但妻與弟子性格有所差距,請問是否能長久相處?

答:古人有言:「夫妻是緣,有善緣、有惡緣,冤冤相報;兒女是債,有討債、有還債,無債不來。」這種事情總要謹慎。今天的社會完全沒有倫理觀念,所以我們看到許多的家庭並不幸福。李炳南老師的一句老話:「世間什麼都是假的,不值得留戀,只有念佛求生淨土。」希望你能老實念佛,求佛菩薩幫助你,我們實在無能為力。21-090-0070