Minggu, 18 Mei 2014

Kesehatan 13



­­­Tanya Jawab Seputar Kesehatan 13

Pertanyaan :

Murid mengelola sebuah usaha, berharap bisa membantu para makhluk memperoleh kesehatan, sambil meminjam kesempatan ini untuk menuntun para makhluk masuk ke pintu Buddha. Apakah dengan demikian boleh melanjutkan mengembangkannya?

Master Chin Kung Menjawab :

Masalah ini, bila anda sendiri merasa beralasan, terhadap masyarakat ada manfaatnya, maka boleh saja. Dan cara untuk menjadi sehat yang sesungguhnya adalah jiwa raga yang suci, jika pikiran tidak suci mana mungkin jadi sehat. Di dalam hatimu ada virus yang begitu parah, di luar ada wabah nafsu keinginan, bagaimana mungkin tidak muncul penyakit?

Jika kita ingin memperkenalkan cara untuk memelihara kesehatan pada orang lain, pertama-tama cabutlah dulu virus yang ada di dalam pikiran kita, manusia memiliki lobha, saya tidak memiliki ketamakkan; manusia memiliki dosa, saya tidak memiliki kebencian; manusia memiliki moha, saya tidak memiliki kebodohan.

Anda harus mampu menampilkan hal ini, ini barulah cara untuk memelihara kesehatan.  Jika di dalam hati tidak ada lobha, dosa dan moha, maka berapapun banyak wabah penyakit menular di luar, juga tidak bisa menginfeksi tubuh kita, karena dengan sendirinya anda telah memiliki imunisasi.

Cara untuk membantu para makhluk menjadi sehat, terlebih dulu diri sendiri harus memiliki sebuah penampilan yang sehat untuk dilihat orang lain. Praktisi Ajaran Buddha, diri sendiri adalah contoh produknya, paling tidak semakin melatih diri harus semakin awet muda, semakin melatih diri semakin sehat.

Jika sebaliknya sesudah belajar Ajaran Buddha malah jadi makin tidak sehat, ini adalah karena ketrampilan melatih dirimu masih belum efektif. Jika ketrampilan melatih diri mengalami kemajuan, maka anda takkan mengalami ketuaan, juga takkan sakit. Saat bencana besar datang, juga takkan tewas, ini adalah jasa kebajikan dan manfaat yang luar biasa dari Buddha Dharma.


問: 弟子經營一個行業,是希望幫助眾生健康,並藉此接引眾生進入佛門。請問可以繼續發展下去嗎?

答:這件事情,你自己認為合理、對社會大眾有利益,就可以。而真正健康之道是身心清淨,心不清淨是不可能有健康的。你心裡有嚴重的病毒,外有五欲六塵的感染,怎麼會不生病?

我們要示現眾生健康長壽之道,要先把自己內心的病毒拔除。世間人有貪心,我沒有貪心;世間人有瞋恚心,我沒有瞋恚心;世間人愚痴,我不愚痴。你要把這個展現出來,這是真正健康之道。心裡頭沒有三毒,外面的傳染病再多,也染不上身,因為你自然有抵抗能力。

  真正幫助眾生健康,先要自己有健康的樣子給人看。學佛的人,自己就是招牌,至少你愈修行愈年輕,愈修行愈健康。學得身體不健康,是你功夫不到家。功夫真正得力,你不會老、也不會病。大災難來時,也不會死,這是佛法殊勝的功德利益。21-117-0001