Jumat, 06 Juni 2014

Belajar Berceramah 17



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 17

Pertanyaan :

Dalam belajar berceramah, sebaiknya memilih sutra yang mana dan yang paling efektif bagi diri sendiri?

Master Chin Kung Menjawab :

Setiap insan memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda. Pada waktu dulu ketika saya mengikuti Upasaka Li Bing-nan belajar berceramah, masih ada 20 lebih rekan lainnya, karena akar kebijaksanaan tidak sama, maka setiap murid mempelajari sutra yang berbeda. Jika dikategorikan lebih mendalam, juga bisa dilihat dari bidang pekerjaannya, kehidupannya sehingga jadi berbeda, semua ini harus melihat kemampuan pencerapan masing-masing.

Prinsip yang digunakan oleh Guru Li, yakni membiarkanmu memilih sendiri mana yang paling sesuai dan yang paling disukai, setelah menentukan pilihan maka serahkan padanya untuk dilihat, jika beliau merasa ini tidak cocok buat kamu, maka anda harus memilih lagi, setelah memilih hingga tiga kali dan juga tidak ada yang cocok, barulah guru yang akan memilihkan buatmu. Dalam memilih sutra bukan saja memilih yang dapat membawa manfaat bagi diri sendiri, tetapi juga harus bermanfaat bagi masyarakat luas.



問:請問學習講經應選哪一部經,對自己最能得益?

答:這是各個人根性不相同。往年我跟李炳南老居士學講經,同學有二十幾位,因為根性不一樣,每個人學的經都不同。如果再細分,也會因所從事的行業、生活而不同,這些都要觀機。李老師用的原則,就是讓你去挑選最合適的、最喜歡的,你選了之後送給他看,他覺得這個不適合你,你還要再去選,選了三次都不合適,老師才替你選。選經不但是要選對自己有利益,還要考慮對社會有利益。21-090-0081