Selasa, 13 Mei 2014

Kehidupan 51



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 51

Pertanyaan :

Setelah sang istri tahu suaminya punya kekasih gelap di luar maka ingin bercerai, juga sudah pernah mencoba untuk selalu melihat kelebihan dan kebaikan sang suami, tetapi di dalam hatinya tidak sanggup merasa damai. Hingga kini suami masih belum kembali ke jalan yang benar, mempertahankan rumahtangga yang penuh kepura-puraan juga tiada artinya lagi, bagaimana cara untuk keluar dari kesulitan ini?

Master Chin Kung Menjawab :

Cobalah anda mendengar rekaman ceramah Di Zi Gui yang dibawakan oleh guru Cai Li-xu, dia ada menyinggung tentang contoh ini. Perceraian bukanlah hal yang baik, semoga semua insan dapat belajar dengan serius, semoga setiap insan dapat menjadi orang yang baik, setiap rumahtangga dapat hidup dengan harmonis.

Keluarga merupakan organisasi paling dasar dari sebuah masyarakat, kita mengibaratkan keseluruhan masyakat sebagai tubuh manusia, keluarga adalah sel-sel di dalam tubuh, jika terdapat banyak sel tubuh yang rusak, maka manusia tidak bisa hidup lagi.

Hari ini pergolakan yang terjadi di masyarakat, penyebabnya yang pertama adalah angka perceraian yang tinggi, menurutmu apakah anda perlu atau tidak memikul beban dosa? Pertengkaran yang terjadi diantara suami istri tampaknya adalah hal sepele, tetapi yang pasti telah berdampak pada beberapa milyar penduduk dunia yang akan menerima akibatnya, maka itu dosamu begitu berat!

Tidak ada orang yang menyadari hal ini, tetapi ini adalah nyata adanya. Ketika hendak menikah, seharusnya berpikir dua kali, ini bukan mainan anak kecil, maka itu di dalam adat Tiongkok kuno, pernikahan dianggap hal yang sangat serius. Demi memberitahu anda bahwa ini merupakan hal yang besar sepanjang hidup manusia. Apakah membina rumahtangga bisa berhasil atau tidak, tergantung pada hal ini, bahkan apakah negara bisa jaya atau tidak juga tergantung pada hal ini, hal ini sungguh terlalu penting!

Ucapan Mencius sungguh bagus, “Saat masalah timbul, tanyakan kembali pada diri sendiri”, jangan menyalahkan pasangan anda, namun harus melakukan introspeksi diri, mengapa muncul keadaan begini? Tekun dan giat berusaha memperbaiki diri, barulah dapat menyelesaikan masalah ini dengan sempurna.

Harus berusaha mengembangkan kebijaksanaan, belajar menjadi orang baik, meskipun sang suami adalah musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampau, juga harus mengurai permusuhan, mengubah musuh menjadi saudara Dharma, mengubah kesesatan menjadi pencerahan, mengubah yang tidak baik menjadi baik, anda harus bisa mengubah keadaan.

Darimana harus memulainya? Dari diri sendiri harus bisa mengubahnya, bukan dari luar; setelah berhasil mengubah sudut pandang kita, maka tubuhpun akan ikut berubah, lingkungan juga akan mengikutimu berubah, ini adalah aturan yang pasti.

Segalanya harus dimulai dari diri sendiri, jadi bukan dengan perceraian maka bisa keluar dari kesulitan, malah dengan perceraian akan lebih menambah beban penderitaan, jika sudah mempunyai putra putri, maka dosamu akan bertambah berat. Hari ini di seluruh dunia, angka kejahatan yang dilakukan oleh anak yang dibesarkan orangtua tunggal, menduduki peringkat tertinggi, apakah anda sudi menanggung akibat ini? Apakah anda mau memikul beban tanggungjawab ini?



問: 妻子知道丈夫有婚外情想離婚,也曾試過看對方的好處,但內心不能平靜。至今丈夫不能轉變,維持表面虛有的家已不必要,請問該如何走出困境?

答:你去聽蔡禮旭老師講的《弟子規》,他講到這個例子。離婚絕對不是好事情,希望認真的學習,希望每個人都能成為善人,每個家庭都能夠和睦。家庭是社會最基層的組織,我們把整個社會比喻做人身,家庭是身體的細胞,如果細胞壞的太多,人就不能活了。今天整個社會的動亂,第一個原因就是離婚率太高造成的,你要不要背因果責任?你夫妻兩個人吵架好像是小事情,但是卻影響這世界的幾十億人都在那裡受罪,你的罪就重了!沒人想到的,卻是事實。當我們結婚就要慎重,這不是兒戲,所以中國古禮,結婚非常隆重。為了告訴你,這是人生最大的一樁事情。家庭能不能興旺都繫於這樁事情,乃至於國家的興衰也繫於這樁事情,這事情太大了!

  孟夫子說得好,「行有不得,反求諸己」,你不要去怪對方,要自己檢討,為什麼會出現這個狀況?認真努力改進,才能夠把這個事情圓滿解決。要真正求智慧,要真正學做個好人,做個善人,先生縱然是冤親債主,也要把冤親債主化解,轉冤為親,轉迷為悟,轉不善為至善,你要去轉環境。從哪裡轉?從自己本身轉,不是從外境轉;自己心轉了,身也就轉了,環境也都會隨你轉,這是一定的道理。一切要從自己本身做起,絕不是說離婚就能走出困境,離婚會更痛苦,如果有兒女的話,你的罪過就更重。今天全世界,單親家庭的孩子犯罪率最高,你要不要承擔這個後果?要不要承擔這個責任?21-268-0001