Selasa, 13 Mei 2014

Kehidupan 52



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 52

Pertanyaan :

Suami membawa kekasih gelapnya pulang rumah, agar si istri yang memasak buat kekasih gelapnya, jika tidak suka maka dipukuli, istri dan anak sering menangis hingga larut malam. Pernikahan semacam ini harus dipertahankan sampai kapan?  Meminta bantuan orang lain untuk menasehatinya juga tidak berhasil, putraku masih duduk dibangku sekolah menengah pertama, apakah sebagai istri sebaiknya membawa anak sekaligus pergi dari rumah, atau harus menanti hingga pelunasan hutang masa lampau selesai baru boleh pergi?

Master Chin Kung Menjawab :

Saling membenci dan balas dendam, takkan ada usainya, berputar dalam kelahiran dan kematian saling menyambung dan tidak terputus, pada kelahiran ini suamimu memperlakukan dirimu dengan buruk, kelahiran mendatang anda membalasnya berlipat ganda, inilah yang dimaksud dengan saling membenci dan balas dendam, kedua belah pihak sungguh menderita, maka itu harus menggunakan kebijaksanaan untuk mengurainya.

Jika dapat mengamalkan sila, samadhi dan prajna, maka semua masalah ini dapat teratasi. Dapat meyakini Ajaran Buddha adalah hal yang tidak mudah, terhadap ajaran Buddha, Bodhisattva, insan suci dan bijak harus dapat membangkitkan keyakinan benar, belajar dengan serius, barulah dapat menyelesaikan masalah.  

Mengurai permasalahan harus dimulai dari diri sendiri, masalah diri sendiri sudah teratasi barulah dapat mengurai permasalahan dalam rumahtangga, kemudian barulah dapat mengatasi permasalahan tetangga, dusun dan organisasi.


問: 丈夫把情人帶回來,讓妻子給她燒飯吃,稍不如意就拳腳相加,妻子帶著小孩常常哭到半夜。請問這樣的婚姻該忍到什麼時候?找人相勸也無有轉機,孩子上中學,做妻子是應該現在就帶孩子走,還是等著冤冤相報了結了才能走?

答:冤冤相報沒有了結的,生生世世綿延不斷,這一世他這樣對你,來世你會加倍的這樣對他,這就是冤冤相報,雙方都痛苦,一定要用智慧化解。佛家的戒定慧三學學好了,這些問題全都沒有了。信佛很不容易,你對於佛菩薩、聖賢人的教誨要真正相信,要真正學習,才能夠化解問題。化解問題一定是從本身,本身問題化解就能化解家庭問題,才能進而化解鄰里鄉黨間的矛盾。21-268-0001