Rabu, 28 Mei 2014

Sebab Akibat 13



­­­Tanya Jawab Seputar Sebab Akibat 13

Pertanyaan :

Orang jaman dulu jarang melakukan karma buruk, mengapa masa kini semakin banyak orang yang melakukan karma buruk?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini tidak sulit dipahami, seperti yang tertera di dalam Kitab Li Ji (salah satu   dari lima klasik Ajaran Konfucius) bahwa “membangun negara dan mensejahterakan rakyat, pendidikan sebagai yang utama”. 

Apa yang diajarkan dalam pendidikan? Mengajarkan kebenaran dari para orang suci dan bijak jaman dulu. Orang jaman dulu menerima ajaran para insan suci dan bijak, penyebab orang sekarang melakukan kejahatan karena telah membuang ajaran para insan suci dan bijak, inilah yang dikatakan oleh Konfucius bahwa keluarga tidak serupa keluarga, negara tidak serupa negara, dunia dipenuhi pergolakan, alasannya ada di sini!

Dunia ini pada mulanya adalah damai, jika kita dapat memulihkan ajaran para insan suci dan bijak, setiap orang memiliki hati pengasih, dapat saling menghormati, menyayangi, saling bekerjasama, maka kondisi masyarakat jaman kini takkan beda jauh dengan jaman dulu.

Inti dari ajaran Ajaran Buddha dan Ajaran Konfucius adalah berbakti, andaikata setiap orang dapat mengamalkan ajaran bakti maka mana mungkin dunia takkan dipenuhi perdamaian.


問:古代人很少造惡業,請問為何現代愈來愈多的人造業?

答:這個不難理解,正如《禮記.學記》所講的「建國君民,教學為先」。教學教什麼?教古聖先賢的道理。古代接受聖賢人的教誨,現代人造業的關鍵原因就是把聖賢教誨丟棄了,這就是孔夫子所講的,家不成家,國不成國,天下大亂,道理在此!這個世界本來是和平的,如果我們能恢復聖賢的教誨,人人都有愛心,能互相尊重、互相敬愛、互助合作,現代的世界決不會比古時候差。儒家、佛家的教學核心就是孝道、孝敬,如果人人講孝行、盡孝道,天下豈有不平之理!21-242-0001