Minggu, 18 Mei 2014

Kesehatan 19



­­­Tanya Jawab Seputar Kesehatan 19

Pertanyaan :

Mendanakan biaya obat kepada pasien, maka diri sendiri takkan jatuh sakit, tetapi banyak para praktisi senior contohnya Master Yin Shun, Pengurus Han, dan sebagainya, mereka juga bisa sakit. Kalau mereka sakit ada umat atau putra putri yang memberi persembahan, sedangkan praktisi yang menyendiri di rumah tidak mungkin ada umat yang memberi persembahan, andaikata tiba-tiba jatuh sakit, bagaimana?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak mungkin bisa jatuh sakit! Kami melihat banyak sekali praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajalnya, terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, ada yang wafat dalam posisi berdiri, ada yang duduk bersila, mereka pergi dengan begitu leluasa.

Di dalam salah satu buah pena Master Tan Xu, ada menyinggung tentang seorang Bhiksu yang bernama Master Xiu Wu yang tinggal di Vihara Sukhavati di Harbin, Tiongkok, dia pergi membantu di aula penerimaan sila,  setelah beberapa hari berlalu dia minta permisi pada ketua pelaksana. Master Ding Xi merasa kesal dan menyalahkannya: “Mengapa anda tidak bisa bersabar dan sekarang mau pergi?”

Master Xiu Wu menjawab : “Saya bukan mau pergi ke tempat lain, saya hendak ke Alam Sukhavati”. Dan ternyata benar beliau terlahir ke Alam Sukhavati, tidak menderita penyakit apapun.

Master Xiu Wu dalam keseharian di vihara menjalani latihan penuh penderitaan, dan mengerjakan pekerjaan kasar. Dia tidak mengenal aksara, tidak pernah bersekolah, juga tidak memahami ajaran sutra, hanya melepaskan semua kemelekatan, melafal Amituofo dengan setulusnya.

Banyak orang yang mengatakan “melepaskan”, tetapi tidak melepaskan hingga bersih, bahkan di hatinya tidak melepaskan, maka itu masih ada rintangan karma.


問: 把醫藥費布施給病人,自己就不會生病,但是有許多高僧大德如印順法師、韓館長等還是會生病。他們生病有信眾、子女供養,而單身在家學佛者不可能有人供養,萬一生病怎麼辦?

答:不會生病的!我們看到很多念佛往生,預知時至,站著走的,坐著走的,都走得很自在。倓虛老法師的《影塵回憶錄》中,講到哈爾濱極樂寺的修無法師,他到戒壇去幫忙,幾日後他就向老和尚告假要離開。定西法師沉不住氣就責備他:為什麼這麼沒耐心就要走了?修無法師說:「我不是到別的地方,我是到極樂世界去。」他真的往生極樂世界,沒有生病。修無師平時在道場是修苦行,做苦工的。他不識字,沒念過書,也不懂得經教,就是萬緣放下,老實念一句阿彌陀佛。很多人講「捨」,但沒有實際捨乾淨,心裡仍是放不下,所以還有業障。21-275-0001