Jumat, 11 Juli 2014

Sila 11



­­­Tanya Jawab Seputar Sila 11

Pertanyaan :

Dalam tahapan pembangunan vihara harus membasmi rayap, bagaimana cara melakukannya secara benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Dosa, jasa kebajikan semuanya ada pada sebersit niat pikiran, seperti apa yang dikatakan sebagai “pikiran menciptakan segala benda dan kondisi”. Pada jaman dulu anggota Sangha tinggal di atas pegunungan dan dalam rimba belantara, menebang pohon membangun gubuk dan melatih diri di dalamnya. Buddha mengajari kita, jika pohon yang tingginya melampaui tinggi tubuh seorang manusia, maka di dalamnya terdapat Dewa Pohon (makhluk halus) yang menghuninya.

Jika anda menebangnya berarti menggusur tempat tinggalnya. Bagaimana penyelesaiannya? Buddha mengajari kita, tiga hari sebelumnya terlebih dulu di hadapan pohon tersebut, membaca sutra, melafal Amituofo, berdoa dan memberitahukannya, tiga hari lagi saya akan menebang pohon ini, mohon Dewa Pohon pindah ke tempat lain, dengan cara demikian barulah betul.

Sama halnya pula, jika ingin membasmi rayap, sebaiknya tiga hari sebelumnya membuat pemberitahuan terlebih dulu, sambil membaca sutra dan melimpahkan jasa, mempersilahkan mereka pindah keluar, setelah membuat pemberitahuan terlebih dulu, dan mereka tidak juga pindah keluar, maka tanggungjawab ini tidak pada saya lagi. Bila dalam tiga hari mereka pindah keluar, maka masalah sudah terselesaikan, kita boleh mulai mendirikan bangunan.

Jika tanpa pemberitahuan terlebih dulu, maka kita ada dosanya; dengan pemberitahuan terlebih dulu pada mereka, akan ada mujizatnya! Master Yin Guang setelah berusia di atas 70 tahun, tempat hunian beliau yang semula terdapat lalat, nyamuk, kutu loncat, setelah mendapat pengaruh kebajikan dari beliau, semuanya pindah keluar. Ketahuilah bahwa serangga kecil juga memiliki naluri kehidupan, ada mujizatnya.


問:在寺院建築中,要清除白螞蟻,請問如何做才如法?

答:罪過、功德皆在心中一念,所謂「心生萬法」。古代出家人住在山上曠野之處,就地取材,砍伐樹木,搭建茅蓬,安身辦道。佛教導我們,如果樹木高度超過一人,就有樹神(鬼神)依附居住其上。你若砍伐此樹,便是奪取祂居住之所。如何解決?佛教導我們,提前三天去誦經、念佛、禱告,告訴祂,我三天之後將砍伐此樹,請樹神遷居他處,如此做便如法。同理,如果欲清除白螞蟻,最好在三天之前告知,並誦經迴向,請牠搬家。預先告知後,牠不搬家,則責任不在我。如三天之內牠搬走了,問題也解決了,我們再重新修整建築。

  不預先通知牠,我們有罪過;預先通知牠,會有感應!《印光大師文鈔》中,印祖七十歲之後,居所之中,原先有的蒼蠅、蚊蟲、跳蚤,受老人家的道德感化,全部搬走了。由此可知,小動物也有靈性、有感應。21-058-0001